Sebelum kita membahas karakteristik system
terdistribusi, terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan Sistem
Terdistribusi. Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak saling
berbagi memori atau clock dan terhubung melalui jaringan komunikasi
yang bervariasi, yaitu melalui Local Area Network ataupun melalui Wide
Area Network. Prosesor dalam sistem terdistribusi bervariasi, dapat berupa
small microprocessor, workstation, minicomputer, dan
lain sebagainya.
Karakteristik sistem terdistribusi
1.No global clock (Keterbatasan dalam Global Clock)
oHal
ini menyebabkan kesulitan dalam mensinkronkan waktu seluruh komputer/perangkat
yang terlibat. Dapat berpengaruh pada pengiriman pesan/data, seperti saat
beberapa proses berebut ingin masuk ke critical session.
oTerdapat
client-server, remote evolution, code on demand, dan mobile agent.
oTerdapat
batasan pada ketepatan proses sinkronisasi clock pada sistem terdistribusi,
oleh karena asynchronous message passin,
oPada sistem terdistribusi, tidak ada satu
proses tunggal yang mengetahui global state sistem saat ini (disebabkan oleh
concurrency dan message passing)
2.Independent
failure
oSetiap
komponen/perangkat dapat mengalami kegagalan namun komponen/perangkat lain
tetap berjalan dengan baik.
oKemungkinan
adanya kegagalan proses tunggal yang tidak diketahui.
oProses
tunggal mungkin tidak peduli pada kegagalan sistem keseluruhan.
3.Concurrency of
components
oPengaksesan
suatu komponen/sumber daya (segala hal yang dapat digunakan bersama dalam
jaringan komputer) secara bersamaan.
oSetiap
komponen Hardware atau Software bersifat otonom.
oSinkronisasi
dan koordinasi dengan message passing.
oSharing resource
oMasalah
umum dalam system concurrent:
üDeadlock
üLifelock
üKomunitas yang
tidak handal
Contoh:
Beberapa pemakai browser mengakses halaman web secara bersamaan.
Karakteristik
lain dari sistem terdistribusi
1.Skalabilitas
·Asumsi:
ketersediaan resource tidak boleh dibatasi
·Pertumbuhan SD tidak boleh berpengaruh pada
sistem dan software
·Toleransi
terhadap kesalahan
·Menjaga
kebenaran kinerja sistem dan ketersediaan layanan
·Redundansi
h/w dan pemulihan s/w
·Transparansi
·Pemisahan
antara user dan system
·Transparansi
akses dan lokasi paling dominan
2.Transparency
·Access
transparency
Sumber daya lokal dan remote di akses dengan menggunakan operasi yangsama.
·Location
transparency
Pengguna sistem tidak tahu mengetahui keberadaan hardwaredan
software(CPU,…ledandata).
·Migration
(Mobility) transparency
Sumber daya(baik berupaHardwaredan/atau software) dapat bebasberpin-dah
tanpamengubah sistem penamaan.
Apakah Bisnis Informatika itu? Bisnis informatika terdiri
dari 2 kata yaitu “bisnis” dan “informatika”. Bisnis disini dapat diartikan antara
2 atau lebih orang/perusahaan yang ber-kerjasama dalam bidang baik barang
maupun jasa dengan hasil akhir berupa laba atau keuntungan. Sedangkan
Informatika memiliki arti kumpulan informasi yang diolah secara komputasi
sehingga di dalamnya memuat pengumpulan data, memrosesan data, menampilkan
data, mengurangi dan menambahkan data yang di olah secara komputerarisasi. Dari
arti diatas dapat disimpulkanmaksud
dari “bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau
sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan
keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang
dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan
teknologi informasi, seperti internet.
Contoh Bisnis Informatika
1.E-Commerce
E-commerce merupakan suatu tindakan untuk melakukan transaksi bisnis secara
elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling
utama (Robert E. Johnson)
2.Konsultan IT
orang yang bertugas untuk memberikan
saran kepada klien teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi
sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi
sistem IT.
3.Software
House
seorang atau sekelompok orang atau
perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software).
Keuntungan dan Kerugian Bisnis Informatika
Keuntungan:
1.Otonomi,
maksudnya adalah pengelolaan yang bebas dan tidak terikat
2.Pengawasan
keuangan dilakukan oleh diri sendiri
3.Berpeluang
untuk mengembangkan konsep usaha
Kerugian:
1.Pengorbanan
Personal. terkadang keperluan bisnis membuat waktu dengan keluarga menjadi
lebih sedikit
2.Beban
dan Tanggung Jawab, semua hal yang berkaitan dengan proses dan hasil bisnis
ditanggung sendiri
Sekarang
ini perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat berkembang. Kebutuhan
dalam menggunakan internet sangat penting , sehingga peningkatan jumlah
pemakaian internet setiap tahunnya selalu meningkat. Tidak sedikit masyarakat
kita yang menggunakan fasilitas internet ini sebagai cara terbaik untuk
meningkatkan atau melebarkan sayap usahanya.
Email adalah kuncinya, karena dengan email kita dapat berkomunikasi
dengan semua orang. Semakin marak orang mempublish email mereka, maka semakin banyak
pengerusakan email yang dilakukan oleh
oknum yang merasa kalah bersaing.
Kenapa
harus email? Alasannya,karena email
merupakan tempat untuk menghubungi seseorang di dunia cyber agar dapat saling berkomunikasi. Dari sinilah
bisa ditarik kesimpulan bahwa email adalah identitas layaknya KTP atau alamat
anda di Internet.
Email Forensik
•Identifikasi
dan Ekstraksi
Langkah
pertama dalam ujian email adalah untuk mengidentifikasi sumber dari email dan
bagaimana server email dan klien yang digunakan dalam sebuah organisasi. Lebih
dari sekedar cara untuk mengirim pesan email klien dan server telah berkembang
menjadi database penuh, repositori dokumen, contact manager, time manager,
colanders dan banyak aplikasi lainnya. Banyak pengguna menyimpan pribadi mereka
colanders, kontak dan bahkan menyinkronkan klien email mereka dengan Asisten
Pribadi mereka seperti pada PDA, SmartPhone. Analisis forensik dari server
email dan klien pada sistem pengguna sering menghasilkan jumlah yang
menakjubkan informasi tentang pengguna dan organisasi itu sendiri. GDF dapat
membantu dengan benar meminta dan menganalisis alat email dan organisasi secara
forensik suara. Forensik email lebih dari melihat pesan email dan pemeriksa
harus menyadari fitur canggih dan kemungkinan forensik dari setiap jenis sistem
email.
•Penghapusan
Email
Banyak
pengguna percaya bahwa setelah mereka menghapus email dari klien mereka email
tersebut unrecoverable. Tapi sebenarnya banyak ahli forensik yang dapat
meng-ekstraksi email bahkan setelah penghapusan. Banyak pengguna juga tidak
memahami konsep bahwa email memiliki pengirim DAN penerima atau lebih dari satu
penerima. Email mungkin terletak pada server tanpa diketahui pengguna, atau
backup tape yang diciptakan selama kegiatan usaha normal. Tentu saja mereka
juga dapat diekstraksi dari hard disk dari klien atau server.
•Menghubungkan
Pesan Email
Dari sudut pandang forensik, e-mail dengan sistem client/server
memudahkan dalam menemukan informasi (untuk kepentingan analisis) karena semua
pesan di-download, dan disimpan dalam komputer lokal. Dengan mendapatkan akses
ke komputer lokal, maka analisis terhadap e-mail akan jauh lebih mudah. Dua
bagian e-mail yang dijadikan sumber pengamatan adalah header dan body. Yang
paling umum dilihat dari sebuah header adalah From (nama dan alamat pengirim
yang mudah untuk dipalsukan), To (tujuan yang juga dengan mudah disamarkan),
Subject and Date (terekam dari komputer pengirim, namun menjadi tidak akurat
jika tanggal dan jam pada komputer pengirim diubah). Untuk mendapatkan informasi
yang lebih detail, header pada e-mail perlu diekstrak. Dari header tersebut
bisa didapatkan informasi IP Lokal dari pengirim, ID unik yang diberikan oleh
server e-mail, dan alamat server pengirim.
Umumnya, software e-mail client/server (seperti Ms.Outlook,
Eudora, atau ThunderBird) telah menyediakan fasilitas untuk melihat header
secara lengkap, namun beberapa software forensik mampu membaca dan
mengekstraksi header untuk keperluan analisis lebih lanjut seperti EnCase atau
FTK. Dengan software forensik ini, analisis untuk melakukan pencarian, ekstrak
header, pencetakan ke printer, dan pengelompokkan e-mail menjadi lebih mudah
dilakukan.
Lalu, bagaimana dengan investigasi untuk web-based e-mail, seperti
Yahoo! atau Gmail? E-mail yang pernah terbaca melalui web browser, tentunya
tidak disimpan di komputer lokal seperti halnya e-mail dengan sistem
client/server. Ketika e-mail dibaca pada sebah komputer, sistem operasi
meng-cache isi website tersebut pada harddisk. Cara terbaik untuk melacak
setiap e-mail yang pernah terbaca adalah melalui area temporary file seperti
file swap atau file cache, atau jika temporary file telah terhapus, pelacakan
dapat difokuskan pada area tempat lokasi file temporary sebelum dihapus.
Ektraksi untuk melakukan ini akan membutuhkan lebih banyak usaha
dibandingkan ekstraksi dengan sistem client/server, karena penelusuran
difokuskan untuk mencari file HTML di antara kumpulan ratusan atau mungkin
ribuan halaman-halaman HTML. Software forensik seperti FTK atau EnCase dapat
berguna untuk mempercepat pencarian. Misalkan mencari suatu pesan yang
mengandung fadh325@situsku.com, maka teks tersebut dapat dimasukkan sebagai
dasar pencarian pada sebuah software forensik, dan diatur agar pencarian
dilakukan hanya untuk file HTML. Software forensik akan menjelajah isi
harddisk, dan berusaha menemukan file (atau potongan file) dengan kriteria yang
telah disediakan.
Macam-macam kejahatan pada E-mail:
E-mail
spoofing
E-mail spoofing adalah teknik yang biasa
digunakan untuk e-mail spam dan phishing untuk menyembunyikan asal usul e-mail.
Dengan mengubah sifat-sifat tertentu dari e-mail, seperti Dari, Return-Path dan
Balas-Untuk bidang (yang dapat ditemukan dalam header pesan), pengguna yang
bermaksud buruk dapat membuat e-mail yang tampak dari orang lain dari pengirim
yang sebenarnya. Hasilnya adalah bahwa, meskipun e-mail yang tampaknya berasal
dari alamat yang tercantum di bidang “Dari” (ditemukan dalam e-mail), itu
sebenarnya berasal dari sumber lain.
Sniffing
Definisi singkatnya adalah penyadapan terhadap
lalu lintas data pada suatu jaringan komputer.
·SPAM
Adalah sebutan untuk kiriman email yang tidak
dikehendaki penerimanya. Biasanya pengirim mendapatkan alamat email penerima
dengan cara yang tidak wajar. Aktifitas spamming merugikan penerima karena
menyebabkan Inbox cepat penuh (over quota), sehingga email lain yang mestinya
masuk tidak bisa masuk
Untuk melihat materi lainnya dapat dilihat pada link dibawah ini :
Game berasal dari kata inggris yang memiliki arti dasar Permainan> Permainan dalam hai ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual”. Kelincahan intelektual,pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Karena perkembangan games dikomputer sangat cepat, game ini bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi, melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” atau penyamaan frekuensi dari logika berfikir anak-anak dengan logika berfikir aplikasi komputer yang sangat canggih.
Untuk membuat game terdapat beberapa elemen, antara lain :
üDesain Game
Desain adalah langkah awal dalam pembuatan semua elemen game. Desain game dibuat semenatik mungkin agar pemain tidak cepat bosan dan game tersebut kurang peminatnya.
üPemograman Game
Pemogromana game sebagian besar digunakan untuk mengontrol gerakan objek dilayar. Selain itu, pemograman game juga digunakan untuk pemogroman suara, input device, deteksi keadaan,dan lain-lain.
üGrafis Game
Grafis game memegang peranan penting dalam pembuatan tampilan, tampilan haruslah dibuat semenarik mungkin,sehingga dengan melihatnya saja end user langsung tertarik untuk memainkanya.
üMusik dan Sound
Musik dan sound dalam suatu game merupakan suatu hal yang wajib dikarenakan dalam suatu game akan lebih menarik apabila terasa efek emosi dari game tersebut, sehingga akan membuat kesan game tersebut lebih terasa nyata.
Dalam game tersebut juga terdapat berberapa jenis game yang diklasifikasikan menjadi beberapa tipe,antara lain :