Pengertian game
Game berasal dari kata inggris yang memiliki arti dasar
Permainan> Permainan dalam hai ini merujuk pada pengertian “kelincahan
intelektual”. Kelincahan intelektual,pada tingkat tertentu merupakan ukuran
sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Dengan kata lain,
segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan
pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Karena
perkembangan games dikomputer sangat cepat, game ini bukan hanya sekedar
permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi, melainkan sebuah cara
untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Jadi,
bermain game adalah suatu proses “fine tuning” atau penyamaan frekuensi dari
logika berfikir anak-anak dengan logika berfikir aplikasi komputer yang sangat
canggih.
Untuk membuat game terdapat beberapa elemen, antara lain
:
- Desain GameDesain adalah langkah awal dalam pembuatan semua elemen game. Desain game dibuat semenatik mungkin agar pemain tidak cepat bosan dan game tersebut kurang peminatnya.
- Pemograman Game Pemogromana game sebagian besar digunakan untuk mengontrol gerakan objek dilayar. Selain itu, pemograman game juga digunakan untuk pemogroman suara, input device, deteksi keadaan,dan lain-lain.
- Grafis Game Grafis game memegang peranan penting dalam pembuatan tampilan, tampilan haruslah dibuat semenarik mungkin,sehingga dengan melihatnya saja end user langsung tertarik untuk memainkanya.
- Musik dan Sound Musik dan sound dalam suatu game merupakan suatu hal yang wajib dikarenakan dalam suatu game akan lebih menarik apabila terasa efek emosi dari game tersebut, sehingga akan membuat kesan game tersebut lebih terasa nyata.
Sejarah Perkembangan Game
Sejarah teknologi game komputer
secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer
dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan
media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi
kebutuhan dalam bermain games.Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti
dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang
membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si
pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau
layar monitor.
Pada tahun 1947 adalah tahun
pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray
tube). Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray
Mann. Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang
dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada
target, ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop
disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru.
Karena pada waktu itu grafik belum bisa dibuat, target penembakan digambarkan
pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Hal ini adalah sistem
pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
Banyak yang menyebutkan bahwa
penemu video game adalah William Higinbotham.
Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.
Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.
Tahun 1958 menciptakan game
Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana
dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus
melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop
untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati
net.
Tahun 1972 dirilis perangkat
video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan
televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama
harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan
Pong sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972. Berangkat dari sini,
video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja
mulai dikenal dan dipakai secara luas.
Mistery House, rancangan ibu
rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan
grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks,
ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan
baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams
mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya
petualangan.
Pada awal tahun 1980-an ditandai
oleh Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk
membuat yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga
ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat
menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan
multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di
pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card. Jadi, memang
terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan
teknologi pendukungnya
Jenis-jenis Game
- Action game
- Real Time Strategi
- Role Playing Games
- Real Word Simulation
- Construction and Management
- Adventure games
- Puzzle games
- Slite scrolling games
- Dan lain-lain
Teknik Membuat
Game
Dalam pembuatan game terdapat
beberapa tahapan yang harus diperhatikan, yaitu :
- Menentukan genre game
Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan genre game
tersebut. Dalam menentukan genre dari suatu game terdapat beberapa pilihan
yaitu RPG. RPS. SPS(Second Person Shooter) . Arcade dll . dalam genre tersebut
memiliki ciri yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.
- Menentukan Alur Game
Pembuatan game yang baik dengan alur game yang menarik untuk
pemakai game itu sendiri, seperti penentuan di berbagai level pada geme tersebut
Menentukan bahasa pemrograman
Pembuatan sebuah game tergantung anda bisa atau tidak menguasai bahasa pemrograman . contoh bahasa pemrograman yang ada yaitu Java. anda harus menguasai Java sehingga pembuatan game dapat direncanakan. pengkodingan atau mengimplementasi ke dalam program. Pada tahap ini di butuhkan pemahaman tentang pemograman yang berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang bahasa pemograman tersebut. contoh nya adalah : Adobe Flash Player , Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
Menentukan bahasa pemrograman
Pembuatan sebuah game tergantung anda bisa atau tidak menguasai bahasa pemrograman . contoh bahasa pemrograman yang ada yaitu Java. anda harus menguasai Java sehingga pembuatan game dapat direncanakan. pengkodingan atau mengimplementasi ke dalam program. Pada tahap ini di butuhkan pemahaman tentang pemograman yang berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang bahasa pemograman tersebut. contoh nya adalah : Adobe Flash Player , Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
- Membuat desain game
Diperlukan desain yang menarik untuk game itu sendiri. agar
tampilannya disukai untuk pemakai. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan
kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software
apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap
paling mudah digunakan
- Sound game
Dalam sebuah game pasti ada suara yang mendukung game itu .
dalam hal pembuatan suara sangat penting untuk mengimbangi game itu. misalnya
tidak ada suara maka game akan menjadi tidak menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar