Minggu, 08 Juni 2014

Pengenalan Teori Game (tugas softskill 1)


Pengertian game
Game berasal dari kata inggris yang memiliki arti dasar Permainan> Permainan dalam hai ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual”. Kelincahan intelektual,pada tingkat tertentu merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Karena perkembangan games dikomputer sangat cepat, game ini bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi, melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya. Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” atau penyamaan frekuensi dari logika berfikir anak-anak dengan logika berfikir aplikasi komputer yang sangat canggih.
Untuk membuat game terdapat beberapa elemen, antara lain : 
  • Desain GameDesain adalah langkah awal dalam pembuatan semua elemen game. Desain game dibuat semenatik mungkin agar pemain tidak cepat bosan dan game tersebut kurang peminatnya.
  •       Pemograman Game     Pemogromana game sebagian besar digunakan untuk mengontrol gerakan objek dilayar. Selain itu, pemograman game juga digunakan untuk pemogroman suara, input device, deteksi keadaan,dan lain-lain.
  •       Grafis Game     Grafis game memegang peranan penting dalam pembuatan tampilan, tampilan haruslah dibuat semenarik mungkin,sehingga dengan melihatnya saja end user langsung tertarik untuk memainkanya.
  •        Musik dan Sound     Musik dan sound dalam suatu game merupakan suatu hal yang wajib dikarenakan dalam suatu game akan lebih menarik apabila terasa efek emosi dari game tersebut, sehingga akan membuat kesan game tersebut lebih terasa nyata.

Sejarah Perkembangan Game
Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.Sebelum dimulai, akan kita pahami dulu apa arti dari game (game komputer). Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor. 
Pada tahun 1947 adalah tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena pada waktu itu grafik belum bisa dibuat, target penembakan digambarkan pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Hal ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
Banyak yang menyebutkan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham.
Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.
Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.
Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan Pong sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972. Berangkat dari sini, video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja mulai dikenal dan dipakai secara luas.
Mistery House, rancangan ibu rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya petualangan.
Pada awal tahun 1980-an ditandai oleh Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card. Jadi, memang terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya

Jenis-jenis Game
  •       Action game
  •       Real Time Strategi 
  •       Role Playing Games
  •       Real Word Simulation
  •       Construction and Management
  •       Adventure games 
  •       Puzzle games 
  •       Slite scrolling games
  •           Dan lain-lain

    Teknik Membuat Game
Dalam pembuatan game terdapat beberapa tahapan yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Menentukan genre game
Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan genre game tersebut. Dalam menentukan genre dari suatu game terdapat beberapa pilihan yaitu RPG. RPS. SPS(Second Person Shooter) . Arcade dll . dalam genre tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.
  • Menentukan Alur Game 
Pembuatan game yang baik dengan alur game yang menarik untuk pemakai game itu sendiri, seperti penentuan di berbagai level pada geme tersebut  

Menentukan bahasa pemrograman  
Pembuatan sebuah game tergantung anda bisa atau tidak menguasai bahasa pemrograman . contoh bahasa pemrograman yang ada yaitu Java. anda harus menguasai Java sehingga pembuatan game dapat direncanakan. pengkodingan atau mengimplementasi ke dalam program. Pada tahap ini di butuhkan pemahaman tentang pemograman yang berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang bahasa pemograman tersebut. contoh nya adalah :  Adobe Flash Player , Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
  • Membuat desain game
Diperlukan desain yang menarik untuk game itu sendiri. agar tampilannya disukai untuk pemakai. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan
  •  Sound game
Dalam sebuah game pasti ada suara yang mendukung game itu . dalam hal pembuatan suara sangat penting untuk mengimbangi game itu. misalnya tidak ada suara maka game akan menjadi tidak menarik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar